Musrifah Basli Bareng OJK Berbagi Tips Cara Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga

LISTINGNUSANTARA.COM, SELAYAR – Kehidupan rumah tangga tidak lepas dari masalah keuangan. Karena itu, mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara yang mudah.

Mengelola keuangan rumah tangga yang cerdas dan berkualitas perlu trik khusus agar seluruh kebutuhan keluarga bisa terpenuhi, kata Andi Dwiyanti Musrifah Basli , Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Selayar saat membuka dan menjadi narasumber dalam kegiatan Edukasi Keuangan Kepada Komunitas Ibu/Perempuan di Pendopo Dekranasda, Selasa (30/4)

Musrifah memaparkan mengatur keuangan rumah tangga yang efektif, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menghitung keseluruhan pendapatan yang masuk setiap bulannya.

Banyak faktor yang mempengaruhi keuangan rumah tangga. Mulai dari kebutuhan dan keinginan atau konsumsi yang bersifat tambahan.

Baca juga:  Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Selayar Salurkan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Kecamatan Takabonerate

“Untuk itu tipsnya, harus dikenali dan dipahami terlebih dahulu antara kebutuhan dan keinginan, selanjutnya tentukan skala perioritas, daftar pengeluaran, guna mengatur alokasi dana keuangan keluarga hingga pada tabungan sebagai investasi keluarga jika ada kebutuhan mendesak” Jelas Musrifah dalam paparan materinya.

Namun ia menambahkan, agar jangan menabung sisa uang, yang terbaik menyisihkan dahulu uang untuk di tabung, dengan begitu, perencanaan dan pengelolaan keuangan dapat lebih efektif.

Kegiatan yang mengangkat tema “Ibu Cerdas Keuangan, Keluarga Berkualitas” digelar oleh Kantor Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Bekerjasama Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Selayar dan diikuti sejumlah organisasi kewanitaan yang di daerah ini.

Baca juga:  Korban KM Yuiee Jaya 02 Di Pulangkan, Nginap Semalam di Selayar Sebelum ke Makassar

Selain Andi Dwiyanti Musrifah Basli, S.E., M.M. dan dari Pihak OJK itu sendiri, hadir sebagai narasumber dalam acara ini adalah Pimpinan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pesisir Tanadoang dan Kepala Pemasaran dan Penjualan Pengadaian Kabupaten Kepulauan Selayar. (Rls)
_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *