Buka Musrenbang RKPD 2025, Basli Ali Sebut yang Paling Utama Terbangunnya Sinkronisasi Rencana Kerja Pemprov Sulsel

LISTINGNUSATARA.COM, SELAYAR – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2025 dibuka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali, di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (25/3/2024) siang.

Dalam musrenbang tersebut dihadiri oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Sulsel Dr. M. Ilyas, S.T., M.Sc mewakili Penjabat Gubernur, bersama Kepala Bappelitbagda Sulsel, Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH, Sekda Selayar Drs. Mesdiyono, M.Ec. Dev, Ketua TP PKK Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli, unsur forkopimda dan para pimpinan OPD serta undangan lainnya.

Bupati Basli Ali mengatakan pelaksanaan Musrenbang tahun ini merupakan penjabaran tahun keempat dari RPJMD Kabupaten Kepulauan Selayar periode 2021-2026 untuk mengoptimalkan penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun Anggaran 2025. Lebih dari itu dan paling utama kata Basli Ali adalah terbangunnya sinkronisasi dan keselarasan tema serta prioritas pembangunan yang telah ditetapkan pada rencana kerja pemerintah dan rencana kerja pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2025, serta capaian indikator makro pembangunan Tahun 2023.

Baca juga:  Wabup Selayar Memberikan Sambutan Pada Seminar Nasional Cagar Biosfer

“Perlu kami sampaikan bahwa capaian indikator makro Kabupaten Kepulauan Selayar pada Tahun 2023 menunjukkan pencapaian yang positif. Pertumbuhan ekonomi 3,68 persen, ini menandai bahwa perekonomian di Kabupaten Kepulauan Selayar mulai bergerak naik. Ini tidak terlepas dari upaya pemulihan ekonomi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar,” ucap Basli Ali.

Dari sekian banyak capaian keberhasilan yang disampaikan oleh Basli Ali, orang nomor satu di Kepulauan Selayar ini tidak memungkiri bahwa masih terdapat kekurangan yang perlu menjadi perhatian bersama. Diantaranya angka kemiskinan pada Tahun 2022 sebanyak 12,24 persen sedikit mengalami peningkatan menjadi 12,27 persen pada tahun 2023. Kendati demikian, peningkatan angka kemiskinan tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan kabupaten kota lainnya di Sulawesi Selatan.

Baca juga:  Jelang Pelepasan Siswa Kelas VI, UPT SDN Labuang Mangatti Gelar Perkemahan Dua Hari

Disebutkan, dengan memperhatikan arah kebijakan RPJMD 2021-2026, capaian indikator makro 2023 dan mengacu pada prioritas nasional dan prioritas provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2025 maka dirumuskan tema RKPD 2024 yaitu Penguatan Nilai-nilai Kearifan Lokal, Sosial dan Keagamaan serta Pelestarian Lingkungan sebagai Penopang Tiga Pilar Pembangunan.

Sedangkan Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan M. Ilyas mewakili Gubernur menyampaikan. Momentum Musrenbang ini dapat dimanfaatkan untuk menyamakan persepsi serta menyatukan pandangan tentang banyak hal, menyangkut urusan pemerintahan dan juga pembangunan secara luas. Hal ini dimaksudakn agar program-program pembangunan akan selalu selaras dengan pembangunan ditingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan nasional.

Secara khusus, M. Ilyas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan seluruh pemangku kepentingan pembangunan, atas segal dukungan, kontribusi dan sinergitas didalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dalam mewujudkan Sulawesi Selatan yang lebih sejahtera.

Baca juga:  Asisten Pemerintahan dan Kesra Pimpin Kafilah Selayar Ikut Pawai Ta'aruf MTQ XXXIII Sulsel

Pembukaan Musrenbang tersebut ditandai dengan penabuhan gendang oleh Bupati Kepulauan Selayar. (Kxn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *