Dibuka Wabup, Pemkab Selayar Kerja Sama BPVP Bantaeng buka Pelatihan Peningkatan Produktivitas Bagi Pelaku UKM

LISTING NUSANTARA.COM, SELAYAR – Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH membuka pelatihan peningkatan produktivitas bagi para pelaku usaha, Senin (19/2/2024).

Pembukaan pelatihan yang berlangsung di Baruga Dekranasda merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI, dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kabupaten Bantaeng.

Sambutan Wakil Bupati Saiful Arif mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar menargetkan penciptaan wirausaha baru sesuai yang tertuang di RPJMD Tahun 2021-2026. Hal ini dimaksudakn agar UMKM menjadi pelaku ekonomi yang tangguh dan bertumpu pada kemandirian lokal dan keunggulan wilayah.

“Karena Pelatihan vokasi dan produktivitas, maka saya tegaskan bahwa vokasi itu terapan. Jadi ini ilmu bukan teori. Meskipun itu teori, tetapi teori itu untuk diaplikasikan dan dijabarakan untuk meningkatkan keterampilan dan penghasilan,” ucap Saiful Arif saat dikonfirmasi usai membuka pelatihan tersebut.

Baca juga:  Gandeng Perbankan, Bagian Perekonomian Sosialisasi Produk Jasa Keuangan dan Business Matching

Saiful Arif juga menjelaskan, karena produktivitas itu ada muatan yang terkandung didalamnya bukan hanya hasil, tapi hasil harus dibandingkan dengan modal. “Biar banyak hasil tapi lebih besar modalnya, itu tidak untung. Itu muatan yang terkandung dalam istilah produktivitas itu yang saya tegaskan kepada peserta pelatihan,” terangnya.

Sedangkan sub koordinator peningkatan produktivitas BPVP, Sapri mengemukakan, pelatihan peningkatan produktivitas sudah berjalan dua tahun. Tahun ini kata dia dialokasikan di Kabupaten Kepulauan Selayar, karena daerah berjuluk Tanadoang ini merupakan binaan dari BPVP Bantaeng.

“Pelatihan ini berlangsung empat hari dengan sasaran peserta adalah pelaku UKM dan IKM, dengan menghadirkan pemateri dari incubator UKM Makassar yang merupakan praktisi yang sudah sering melakukan pembinaan kepada pelaku UKM,” jelasnya.

Baca juga:  Satu Lagi Korban KM. Yuiee Jaya 02 Ditemukan Terdampar di Pesisir Barat Pulau Kayuadi

Hingga berita ini diturunkan, pelatihan tersebut masih sementara berlangsung. (Kxn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *