LOKAL  

Teater Monolog Rindu Bissu Dibubar Paksa, Panitia ; Bissu Dicekal Gubernur Sul-Sel Untuk Tampil

LISTINGNUSANTARA.COM,BONE_Dalam rangka memeriahkan Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 78 Tahun, Sanggar Seni Budaya (SSB) Lasaliyu Batara Bone berencana menampilkan Teater Monolog pentas seni dan budaya ” Rindu Bissu ” dengan tema Merdeka Negeriku, Merdeka Budayaku.

Pementasan seni dan budaya yang harusnya ditampilkan pada Sabtu,19/8/2023 dan sudah dipersiapkan beberapa bulan malah harus dipaksa berhenti oleh pihak pemerintah dan aparat dengan dalil bissu ada dalam tema proposal.

“Anehnya perizinan dari pemerintah setempat sudah ada Seperti Kesbangpol,Pemda,dan pihak kepolisian,tapi pas mau ditampilkan langsung dicegat dan dilarang tampil,karena ada bissu didalamnya dan dalil bahwa pemerintah pusat gubernur sulawesi selatan mencekal yang namanya bissu sehingga kami dilarang.” Ungkap,Bahrudin La Kamakuraga selaku Sekum SSB Lasaliyu Batara Bone, Minggu,19/8/2023.

Baca juga:  Tanggapi Kecaman PMII Soal Oknum Dosen UNM PGSD Bone Ancam Mahasiwa Yang Gabung PMII, Rektor UNM: Dosennya Tidak Ngerti Organisasi, Saya Justru Mengajak Bentuk Komisariat

Ia pun sangat kecewa kepada pemerintah karena persiapan yang sudah matang dan tiba-tiba langsumg dihentikan dan seakan pecinta seni dan budaya di larang berkarya dan melestarikan sejarah budaya tak benda di Kabupaten Bone.

“Kalo masalah judul rindu bissu kenapa enggak juga jauh hari kami di tegur,Padahal kami hanya ingin bersama tentang sawerigading, manurungnge ribut matajang, aru palakka dan rumpa’na bone dalam rangka menyambut hari kemerdekaan,Yang dedaunan bissu pada jaman itu mempunyai peran ya sangat penting.”tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *