LOKAL  

Harga Pupuk Bersubsidi Di Bone Diatas HET, Petani Menjerit

LISTINGNUSANTARA.COM,BONE_Kabupaten Bone Merupakan salah Daerah penyumbang Beras tersebar Di Sulawesei Selatan.Namun dibalik itu sejumlah masyarakat mengeluhkan Mahalnya harga pupuk bersubsidi.

Seperti yang terjadi di Desa Binuang, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone,Pasalnya harga pupuk di daerah tersebut jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

MS salah satu ketua kelompok tani di Desa Binuang meyebut harga pupuk jenis Ponska dan Urea Rp175 ribu per sak.

“Di desa kami tidak ada distributor, kami harus ke desa sebelah yakni Desa Mattirowalie, disitu ada gudang walau sering tutup karena pemiliknya tinggal di Bilawae. Kami membeli 175 ribu persaknya,” paparnya saat ditemui di area persawahan Desa Binuang, Kamis (12/1/2023).

Baca juga:  Setelah di Keluhkan Pasien, Kini Layanan RS Hapsah Tiadakan Pendaftaran Online

“Salah satu penyebabnya juga karena pengecer jauh dari tempat kami,” sambungnya.

Hal itu dibenarkan Kepala Desa Binuang, Andi Alim, Kades mempertanyakan kenapa harga pupuk di daerahnya harganya selangit.

“Desa kami ini kan berbatasan dengan Kabupaten Maros. Kami ketahui, harga pupuk di Maros itu 125 ribu per saknya beda 50 ribu dengan harga di sini, ada apa?” Tanyanya.

Kades menyampaikan, 99 persen warga Desa Binuang adalah petani, ia berharap kelangkaan dan mahalnya pupuk ini menjadi perhatian pemerintah.

“Saya sebagai Kepala Desa Binuang akan menemui kepala UPT pertanian dalam waktu dekat untuk membicarakan solusi terkait hal ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *