Jaga Kelestarian Bahaga Bugis, Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Gelar Diseminasi Untuk Guru Muatan Lokal

LISTINGNUSANTARA.COM, BONE_ Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone menggelar diseminasi bahasa dan sastra daerah bugis tingkat SD dan SMP Se -Kabupaten Bone yang berlangsung selama 3 hari di Aula dan Lapangan Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.Senin-Rabu (12 s/d 14 September 2022).

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Pra Festival Tingkat Sekolah, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022 dengan peserta guru SD dan SMP mata pelajaran muatan lokal bahasa daerah se Kabupaten Bone.

 

Laporan panitia kegiatan, Santi Gasali S.Pd, M.pd mengatakan bahwa kegiatan Diseminasi gelombang pertama di ikuti 9 kecamatan yang terdiri 97 orang dengan menggunakan dana Swadaya dari sekolah.

 

Baca juga:  Akhir Masa Jabatan,Bupati dan Wakil Bupati Bone Resmikan Masjid Tafaddal Bone

“Pembiayaan dalam kegiatan ini berasal dari dana swadaya dari masing-masing sekolah.”ucapnya.

 

Sementara Kadis Pendidikan Andi Fajaruddin yang membuka kegiatan di Gedung PGRI Kabupaten Bone menekankan dua hal yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran bahasa daerah. Metode pembelajaran yang monoton dan pengembangan bahasa daerah dengan memanfaatkan bahasa daerah.

 

“Pertama ubah model dan metode mengajar yang selama ini mungkin hanya memperkenalkan aksara saja. Sesuaikan dengan tuntutan zaman. Kedua, manfaatkan teknologi dengan orientasi kita dalam melahirkan siswa yang wirausahawan atau entrepeneur,” ujarnya,Senin (11/9/2022).

 

Selain itu ia menambahkan bahwa kegiatan ini dari dana Bimtek yakni dana BOS dari masing-masing sekolah.

 

“Ini kegiatan menggunakan dana Bos sekolah karena memang programnya sekolah, direncanakan dan di anggarkan di dana BOS, dan tujuan dari kegiatan ini untuk menjaga kelestarian bahasa bugis apalagi Bone merupakan tempat peradaban Bugis dan disamping itu juga untuk mempersiapkan festival bahasa daerah untuk tingkat provinsi.”pungkasnya.

Baca juga:  Kolaborasi Pemkab Sinjai dan AMPI Gelar Vaksinasi Massal

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *